9.09.2005
Minta Maaf Sama Dia, Kenapa Gengsi


Terkadang mengakui kesalahan dan meminta maaf pada pasangan menjadi sesuatu yang sulit sekali dilakukan. Padahal jika Anda mau menyingkirkan ego dan mau bersikap lapang dada, minta maaf tidak lagi menjadi perkara besar.
Sama seperti meminta maaf kepada teman atau orang tua, demikian juga halnya ketika meminta maaf kepada pasangan.

1. Sadari kesalahan
Akuilah kesalahan Anda. Rela mengakui kesalahan dan mau bertanggung jawab akan membuat permintaan maaf Anda lebih cepat diterima dan dimaafkan. Apalagi dengan ucapan tulus, tidak berbelit-belit dan langsung pada permasalahan.

2. Good timing
Hindari minta maaf saat pasangan sedang marah. Bisa jadi permintaan maaf Anda tidak diterima. Temui dan jelaskan duduk perkaranya beberapa hari kemudian. Saat itu kemarahan pasti sudah berkurang. Untuk suatu masalah yang besar, hadapi pasangan secara langsung, tatap matanya dan berikan penjelasan yang diperlukan.

3. Don't make excuses,make explanation
Setelah mengaku kesalahan, beri penjelasan pada pasangan yang telah Anda sakiti. Yakinkan Anda tidak bermaksud buruk. Langsung minta maf dan menjelaskan situasi dengan tidak mengada-ngada menunjukkan keseriusan Anda.

4. Tawarkan ganti rugi
Tawarkan jalan damai kepada pasangan dengan menawarkan "ganti rugi". Tanyakan apakah ada yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan Anda. Sedapat mungkin tunjukan bahwa Anda menyesal dengan memberi solusi terhadap kesalahan yang telah Anda perbuat.