8.28.2005
Menjaga Sikap, Memperbaiki Postur



BANYAK orang yang secara fisik sebenarnya biasa-biasa saja, namun memiliki pesona yang luar biasa. Enak dilihat bukan karena kecantikannya, tetapi karena postur tubuhnya yang tampak segar-bugar dan penampilan yang luwes.

Memang sih, dimana enaknya melihat wanita muda dengan tubuh bungkuk dan terkesan sakit-sakitan? Yang tubuhnya padat berisi, bungkuk memberi kesan pemalas. Sedang yang ringkih terkesan sakit-sakitan.

Karena itu, bila dikaruniai tubuh yang baik, wajib dijaga dan senantiasa ditingkatkan keindahannya. Tidak sulit, kok. Semua bisa dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil sehari-hari. Tidak perlu susah-payah. Cukup mendisiplin sikap tubuh.

Perhatikan posisi saat berdiri. Usahakan tubuh tegak dengan pundak lemas dan lutut rileks serta perut ditarik ke dalam. Usahakan leher tetap jenjang dan dagu rata.

Saat duduk di kursi, usahakan punggung menyandar dengan baik pada sandaran. Renggangkan kaki dengan telapak mendatar pada lantai. Bila harus mengangkat beban dari posisi membungkuk, usahakan untuk menekuk lutut, ini akan meminimalkan tekanan pada punggung.

Ketika berada di depan komputer, usahakan duduk tegak dan letakkan kaki Anda sedikit lebih tinggi dari lantai dengan alas kaki lebih rendah. Jangan lupa menjaga jarak pandang sehat dan tulang leher jauh dari rasa pegal. Posisi monitor sebaiknya lebih rendah dan agak jauh dari mata.