10.09.2005
Tanggan Kanan Lebih Manis dr Tangga Kiri
Tak ada maksud apa dengan tulisan ini, cuman sekedar berbagi cerita saja. kemarin pas jam kerja yutie ada seorang cewek cantik dan mengunakan jilbab. ngakses di warnet tempet saya kerja. setelah selesai dan bayar, dia memberi kan uangnya dengan tangan kiri. yutie pikir "ah mungkin krn tanggan kanannya pegang dompet, jadi bayar pake tanggan kiri" tapi setelah aku kasih kembalian ternyata dia nerima dengan tangan kiri pula. trus yutie pikir lagi "ah mungkin dia kidal" tapi sungguh disayangkan. cantik2 dan muslim, berjilbab lagi menyerahkan dan menerima sesuatu pake tanggan kiri.
klo mungkin diluar jawa hal seperti itu biasa, tapi bagi kita orang jawa hal seperti itu sangatlah tidak pantas. apalagi dari kecil biasanya kita diajari oleh orang tua kita, klo menerima ato memberi harus dengan tanggan kanan bukan tanggan kiri. yuti pikir sekidal kidalnya orang klo memberikan ato menerima sesuatu pasti dengan tanggan kanan. contohnya bapak yuti sendiri, walaupun kidal tapi tetep berusaha memberi dan menerima dengan tangan kanan. tapi bapak kidal karena penyakit, separuh badan yang sebelah kanan tidak dapat berfungsi dengan baik, walaupun begitu bapak yuti tetep memberi dan menerima dengan tanggan kanan walaupun agak sedikit dipaksakan.

sekecil apapun bantuian bila kita berikan dengan tanggan kanan pasti akan lebih berarti dan menghormati tapi bisa lain artinya klo kita memberikanya dengan tanggan kiri. walaupun kita iklas tapi karena kita memberikan dengan tanggan kiri kesan yang diterima pasti lain. bahkan kadang hanya gara2 hal sepele seperti itu orang yang diberi tidak akan mau menerima. hanya gara2 memberi dengan tanggan kiri. tapi semuanya kembali pada pribadi masing2 kok. baik dan buruk seseorang tergantung dari apa yang dia kerjakan.