8.09.2005
Cara Pintar Menyiasati Hormon Stres


HIDUP ini indah, jangan biarkan diri terpuruk di tengah stres.
Memang, terkadang yang terjadi tidak sesuai dengan harapan. Tekanan datang dari kiri kanan, atasan moody, teman sulit diajak kerjasama, atau klien yang selalu merongrong. Semua membuat hidup bagai di neraka.

Sepanjang bekerja pada orang lain, tekanan tak dapat dihindarkan. Namun. bukan berarti itu musti menjadi ‘kartu mati’ bukan? Stres di kantor mungkin tak dapat dihindari. Tetapi bisa disiasati, kok.

Melissa C. Stoppler, M.D, penulis StressManagement punya kiat ampuh menjalani hidup sehat dengan meminimalkan stres.

Pertama, hindari konsumsi kopi berlebihan, banyak minum air putih. Perbanyak konsumsi makanan bergizi, terutama buah dan sayur. Jangan membiasakan menggunakan cara instan tanpa mengindahkan kaidah kesehatan. Jangan diet sembarangan, sebab pola makan yang sembarangan dapat membahayakan lambung.

Biasakan sarapan. Makan pagi manfaatnya besar sekali bagi tubuh, karena kalori yang masuk sangat dibutuhkan saat bekerja. Tidur cukup, kurangi begadang sehingga tidak tampak lusuh dan kusut. Lakukan olahraga ringan. Misal, jalan kaki dari tempat parkir ke kantor

Lawanlah rasa cemas dengan gagah berani. Intinya, jangan menghindari masalah atau mendiamkannya. Carilah solusi yang tepat. Ingat, hidup Anda sangat penting, karena itu jangan disia-siakan atau dipenuhi stres.