9.16.2005
Rokok
Siapapun tahu, rokok sangat tidak dianjurkan, karena dapat membawa dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh, seperti dapat menyebabkan kanker, impotensi dan bagi ibu hamil dapat menyebabkan gangguan kehamilan dan janin.

Herannya, masih banyak orang yang meski sadar akan bahayanya merokok, tetapi tidak bisa menghilangkan kebiasaan buruk yang satu ini. Salah satu penyebabnya, karena rokok memang memiliki efek nyandu, sehingga berhenti merokok jadi satu hal yang teramat sulit dilakukan.

Nah, kalau kesadaran Anda untuk berhenti merokok sudah sedemikian kuat, namun Anda bingung dari mana harus memulainya, tips berikut mencoba membantu Anda:

1. Buang jauh-jauh rokok Anda (ternasuk asbaknya) dan hindari tempat-tempat yang membuat Anda tergoda untuk merokok.

2. Kurangi makan daging merah, minum teh, kopi dan alkohol. Karena makanan dan minuman seperti ini akan membuat Anda kembali mengidam-idamkan rokok.

3. Mintalah pertolongan orang-orang terdekat untuk membantu mengingatkan keinginan Anda berhenti merokok. Paling tidak, dengan dukungan moral seperti itu, motivasi Anda untuk berhenti merokok akan semakin kuat.

4. Bagi perokok pemula, ada baiknya jika sedang nerasa jenuh atau iseng, isi dengan kegiatan yang berbau hobi. Jangan malah melampiaskannya dengan rokok.

5. Ingat! Berhenti merokok itu harus drastis, jangan berangsur-angsur, Anda akan tetap tergoda untuk tetap merokok.