7.11.2005
Keyboard Sehat Anti Kuman



Image hosted by Photobucket.comSebuah penelitian pernah mengatakan, keyboard komputer menyimpan 400 kali lebih banyak kuman dibanding dudukan toilet. Nah, biar terhindar dari kuman-kuman kotor dan main komputer jadi lebih nyaman, yuk kita bersihin keyboard.

Ngutak-ngatik komputer tiap hari pastinya kita selalu menyentuh tombol keyboard. Nah, sayangnya banyak orang yang suka lupa membersihkan bagian komputer yang satu ini. Lama-lama tangan kita yang bersih bisa terjangkit kuman-kuman nakal.

Sekarang udah nggak jaman lagi cuek sama kebersihan. Mulai aja dari hal-hal kecil yang bersentuhan dengan kita, ya termasuk keyboard komputer tadi. Mau tau caranya, baca tips ini:

1. Sebelum mulai bersih-bersih semua 'perlengkapan perang' harus siap dulu. Untuk membersihkan monitor yang perlu kamu siapkan antara lain, tabung semprot udara, lap yang lembut, cairan pembersih khusus elektronik (kamu bisa cari di supermarket), cotton buds (korek kuping) dan penutup hidung jika kamu alergi terhadap debu.
2. Karena setiap monitor berbeda-beda, coba kamu baca dulu petunjuk untuk membersihkan dan melepaskan keyboard kamu dari komputer.
3. Sebelum melepaskan keyboard dari komputer, pastikan komputer kamu dalam keadaan mati. Cabut pelan-pelan kabelnya dari bagian belakang komputer. Buat yang jarang ngutak-ngatik komputer tempelkan sticker kecil di lubang tadi agar kamu nggak lupa ketika mau memasangnya lagi nanti.
4. Semprotkan udara dari tabung untuk membersihkan debu di sekitar keyboard. Semprot dari berbagai sudut agar debunya hilang.
5. Setelah debu-debunya mulai berkurang, lap keyboard kamu dengan perlahan. Untuk menjangkau bagian sulit gunakan cotton buds. Tapi jangan keras-keras ya menekan cotton budsnya.
6. Untuk sentuhan terakhir, gunakan semprotan pembersih elektronik untuk membuat keyboard semakin mengkilat dan membunuh kuman. Semprot saja sedikit-sedikit jangan sampai terlalu basah. Setelah dilap, diamkan sebentar.
7. Jangan hanya membersihkan bagian tombolnya saja. Usahakan seluruh bagian belakang dan kabel keyboard juga dilap sampai bersih dari debu yang menempel.
8. Setelah keyboard kamu kering, pasang kembali kabel keyboard ke bagian belakang komputer.

Wah, pastinya sekarang kamu tambah hepi karena si keyboard sudah bersih dan bebas dari kuman. asyik kan!
Mau tau gimana caranya bersihin bagian komputer yang lain, tunggu tips berikutnya!